Senin, 17 Desember 2012

PERNYATAAN MAJEMUK

1.   Konjungsi
Kata penghubung “dan” pada pernyataan majemuk dilambangkan dengan “Ʌ” yang disebut konjungsi.
Misalkan, p dan q adalah pernyataan. Pernyataan majemuk p dan q disebut konjungsi dari p dan q dilambangkan dengan “ pɅq “. Konjungsi bernilai benar jika p dan q keduanya adalah benar, konjungsi bernilai salah jika salah satu p atau q (atau keduanya)adalah salah. Defenisi ini dapat dirangkum dalam table kebenaran seperti dibawah ini :
p
q
pɅq
B
B
B
B
S
S
S
B
S
S
S
S
Contoh :
ó p : Jumlah sudut segitiga adalah 360°.
      q : 16 adalah bilangan kuadrat.
Jawab
P salah, dan q benar maka
pɅq : jumlah sudut segitiga adalah 360° dan 16 adalah bilangan kuadrat (salah).
2.   Disjungsi
Disjungsi pernyataan p dan q adalah pernyataan majemuk p atau q, ditulis pvq.
Misalkan, p dan q adalah pernyataan. Pernyataan majemuk p atau q disebut disjungsi dari p dan q, dilambangkan dengan pvq. Disjungsi pvq bernilai benar jika salah satu p atau q atau keduanya adalah benar, disjungsi adalah salah hanya jika p dan q keduanya adalah salah. Defenisi ini dirangkum dalam tabel kebenaran seperti dibawah ini :


p
q
pvq
B
B
B
B
S
B
S
B
B
S
S
S

3.   Implikasi
Implikasi p -> q (jika p maka q) dengan p sebagai hipotesis dan q sebagai konklusi adalah salah hanya jika hipotesis p benar, tetapi konklusi q salah: untuk kasus lainnya implikasi adalah benar.
4.   Biimplikasi
Biimplikasi p ó q (p jika dan hanya jika q) adalah benar jika p dan q keduanya adalah benar atau jika keduanya p dan q keduanya adalah salah ; untuk kasus lainnya biimplikasi adalah salah.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar