Senin, 17 Desember 2012

BELAJAR DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA


    A.  Pengertian Belajar
Menurut Suryabrata (1987:246) menyatakan bahwa mengobservasi, membaca, meniru, mencoba sesuatu secara mandiri, mendengar, mengikuti petunjuk atau arahan juga disebut belajar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, belajar didefenisikan sebagai: (1) berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, (2) berlatih, dan (3) berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman (Depdikbud, 1990:13).
Dalam perspektif behavioristik, belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dinilai secara konkrit. Menurut perspektif kognitip, belajar dideskripsikan sebagai suatu proses yang terjadi dalam akal pikiran individu belajar. Menurut para humanist memaknai belajar sebagai suatu proses pengembangan potensi-potensi individu peserta didik, baik potensi berfikir maupun bertingkah laku.
    B.   Macam Dan Jenis-Jenis Belajar
Meskipun aktivitas belajar dapat dilakukan dengan berbagai macam cara,namun secara umum, aktivitas belajar itu dapat dibedakan kepada beberapa jenis, yaitu:
1.       Belajar pengetahuan, yaitu aktivitas belajar dengan cara melakukan penyelidikan mendalam terhadap objek ilmu pengetahuan.
2.       Belajar keterampilan, yaitu aktivitas belajar yang dilakukan dengan menggunakan gerakan motorik untuk memperoleh keterampilan tentang suatu hal.
3.       Belajar kebiasaan, yaitu belajar memahami, menguasai, dan menggunakan kebiasaan-kebiasaan yang telah ada dan berkembang dalam masyarakat.
4.       Belajar abstrak, yaitu aktivitas belajar yang dilakukan dengan menggunakan cara-cara berfikir abstrak.
5.       Belajar sosial, yaitu belajar memahami masalah-masalah dan teknik-teknik memecahkan masalah sosial.
6.       Belajar pemecahan masalah, yaitu yaitu aktivitas belajar yang dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah atau logis, sistematis, kritis, dan teliti dalam memecahkan suatu masalah.
7.      Belajar apresiasi, yaitu belajar memahami dan mempertimbankan arti penting dari suatu nilai atau objek tertentu

    C.   Gaya Belajar
Secara fisikal terdapat tiga gaya belajar peserta didik, yaitu: (1) gaya belajar visual, (2) gaya belajar auditif, dan (3) gaya belajar kinestetik. Meskipun demikian,suatu hal yang harus dipaham guru adalah bahwa tidak ada seorang peserta didik yang murni auditif, visual, atau kinestetik. Sebab, yang benar adalah bahwa seorang peserta didik memiliki kecenderungan dominan pada salah satu gaya belajar tersebut.
    D.  Faktor-Faktor Berpengaruh Terhadap Belajar
Secara umum, terdapat dua factor utama yang mempengaruhi belajar, yaitu factor internal dan eksternal. Faktor internal adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi proses dan hasil belar seseorang yang timbul dari dalam diri pembelajar. Sedangkan faktor eksternal adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar yang ditimbulkan oleh hal-hal yang berasal dari luar diri si pembelajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar